Selamat Datang "SMK Negeri 3 Jember"
 

AKOMODASI PERHOTELAN

 1) SKEMA SERTIFIKASI SERTIFIKAT II BIDANG KANTOR DEPAN (FRONT OFFICE) GABUNGAN DENGAN SERTIFIKAT I
CORE AND GENERIC COMPETENCIES
NO KODE UNIT JUDUL UNIT
1. PAR.HT-CR.001.02 / D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama secara efektif dengan kolega dan pelanggan / Work effectively with customers and colleagues
2. PAR.HT-CR.002.02 / D1.HOT.CL1.02 Bekerja dalam lingkungan sosial yang berbeda Work in a socially diverse environment
3. PAR.HT-CR.003.02 / D1.HOT.CL1.03 Menerapkan prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja / Implement occupational health and safety procedures
4. PAR.HT-FO.005.02 / D1.HOT.CL1.05 Melakukan prosedur Administrasi / Perform clerical procedures
5. PAR.HT-CT.001.02 / D1.HOT.CL1.06 Mencari dan mendapatkan data komputer / Access and retrieve computer-based data
6. PAR.HT-FO.006.02 / D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi secara efektif melalui telepon / Communicate effectively on the telephone
7. PAR.HT-CR.004.02 / D1.HOT.CL1.08 Memelihara pengetahuan industri perhotelan / Maintain hospitality industry knowledge
8. PAR.HT-CS.002.02 / D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan produk dan jasa kepada pelanggan / Promote products and services to customer
9. PAR.HT-HS.003.02 / D1.HOT.CL1.12 Melakukan prosedur dasar pertolongan pertama / Perform basic First Aid Procedures
10. PAR.HT-CR.013.02 / D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan tugas perlindungan anak yang relevan dengan industri pariwisata / Perform child protection duties relevant to the tourism industry
11. PAR.HT-LD.004.02 / D1.HSS.CL4.01 Membangun dan memelihara tempat kerja yang aman / Establish and maintain a safe and secure workplace
12. PAR.UJ03.005.01 / D1.LAN.CL1.01 Membangun dan memelihara tempat kerja yang aman / Establish and maintain a safe and secure workplace
FUNCTIONAL COMPETENCIES
1. PAR.HT02.017.01 / D1.HFO.CL2.01 Menerima dan memproses reservasi / Receive and process reservations
2. PAR.HT-FO.004.02 / D1.HFO.CL2.04 Memelihara catatan keuangan tamu / Maintain guests' financial records
3. PAR.HT-FO.007.02 / D1.HFO.CL2.07 Menyediakan layanan bell boy/porter Provide Bell Boy / Porter services
4. PAR.HT-HS.001.02 / D1.HOT.CL1.04 Mengikuti prosedur kebersihan tempat kerja / Comply with workplace hygiene procedure
5. PAR.HT-CS.003.02 / D1.HOT.CL1.11 Menangani dan menyelesaikan situasi konflik / Manage and resolve conflict situation
6. PAR.HT02.046.01 / D1.HSS.CL4.09 Menyediakan fasilitas kehilangan dan penemuan barang / Provide a lost and found facility
7. D1.HFO.CL2.02 Mengoperasikan sistem reservasi komputer / Operate a computerised reservation system
8. D1.HFO.CL2.11 Menyediakan informasi layanan hotel / Provide information about in-house services
9. PAR.HT-CS.001.02 / D1.HSM.CL5.04 Meningkatkan dan memperbarui pengetahuan lokal / Develop and update local knowledge
10. PAR.HT02.053.01 / D1.HSM.CL5.05 Menyiapkan dan membuat presentasi / Prepare and deliver a presentation
 2) SKEMA SERTIFIKASI SERTIFIKAT II BIDANG TATA GRAHA (HOUSE KEEPING) GABUNGAN DENGAN SERTIFIKAT I
CORE AND GENERIC COMPETENCIES
NO KODE UNIT JUDUL UNIT
1. PAR.HT-CR.001.02 / D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama secara efektif dengan kolega dan pelanggan / Work effectively with customers and colleagues
2. PAR.HT-CR.002.02 / D1.HOT.CL1.02 Bekerja dalam lingkungan sosial yang berbeda / Work in a socially diverse environment
3. PAR.HT-CR.003.02 / D1.HOT.CL1.03 Menerapkan prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja / Implement occupational health and safety procedures
4. PAR.HT-FO.005.02 / D1.HOT.CL1.05 Melakukan prosedur Administrasi / Perform clerical procedures
5. PAR.HT-CS.002.02 / D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan produk dan jasa kepada pelanggan / Promote products and services to customers
6. PAR.HT-CS.003.02 / D1.HOT.CL1.11 Menangani dan menyelesaikan situasi konflik / Manage and resolve conflict situations
7. PAR.HT-HS.003.02 / D1.HOT.CL1.12 Melakukan prosedur dasar pertolongan pertama / Perform basic First Aid procedures
8. PAR.HT-CR.004.02 / D1.HOT.CL.13 Melaksanakan tugas perlindungan anak yang relevan dengan industri pariwisata / Perform child protection duties relevant to the tourism industry
9. PAR.UJ03.005.01 / D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi dalam bahasa inggris pada tingkat operasional dasar / Speak English at a basic operational level
FUNCTIONAL COMPETENCIES
1. PAR.HT-HK.001.02 / D1.HHK.CL3.01 Menyediakan jasa tatagraha untuk tamu / Provide housekeeping service to guests
2. PAR.HT-CR.002.02 / D1.HOT.CL1.02 Membersihkan lokasi/area dan peralatan / Clean public areas, facilities and equipment
3. PAR.HT-CR.003.02 / D1.HOT.CL1.03 Membersihkan dan menyiapkan kamar untuk tamu / Clean and prepare room for in-coming guests
4. PAR.HT-HK.005.02 / D1.HHK.CL3.05 Mencuci seprei dan pakaian tamu / Launder linen and guests' clothes
5. PAR.HT-HK.006.02 / D1.HHK.CL3.06 Menyediakan jasa valet Provide valet service to guests
6. PAR.UJ03.002.01 / D1.HHK.CL3.07 Membersihkan tempat dan peralatan kerja / Clean and maintain industrial work area and equipment
7. PAR.HT02.050.01 / D1.HSM.CL5.04 Meningkatkan dan memperbaharui pengetahuan lokal / Develop and update local knowledge
8. PAR.HT02.053.01 / D1.HSM.CL5.05 Menyiapkan dan membuat presentasi / Prepare and deliver a presentation
9. PAR HT.CR.002.02 / D1.HOT.CL1.02 Bekerjasama dalam lingkungan sosial yang berbeda / Work in socially diverse environment
10. PAR.HT.CS.003.02 / D1.HOT.CL1.11 Menangani dan menyelesaikan konflik Manage and resolve conflict situation

©2017 All rights reserved

Sekolah  :  SMK Negeri 3 Jember
Alamat  :  Jl. dr. Subandi No. 31 Jember
Telp/Fax  :  0331-488069
Email  :  smk3_jember@yahoo.co.id
Website  :  www.smk3jember.sch.id