Selamat Datang "SMK Negeri 3 Jember"
 

USAHA PERJALANAN WISATA

 1) SKEMA SERTIFIKASI SERTIFIKAT II BIDANG OPERASIONAL TUR (RESERVASI DAN TIKET) GABUNGAN DENGAN SERTIFIKAT I
CORE AND GENERIC COMPETENCIES
NO KODE UNIT JUDUL UNIT
1. D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama secara efektif dengan kolega dan pelanggan / Work effectively with customers and colleagues
2. D2.TCC.CL1.02 Bekerja dalam lingkungan sosial yang berbeda / Work in a socially diverse environment
3. D2.TCC.CL1.03 Menerapkan prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja / Implement occupational health and safety procedures
4. D2.TCC.CL1.04 Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan, dan keamanan di tempat kerja / Follow safety and security Procedures
5. D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi secara efektif melalui telepon / Communicate effectively on the telephone
6. D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan tentang industri pariwisata / Develop and update tourism industry knowledge
7. D2.TCC.CL1.09 Melakukan prosedur administrasi / Perform clerical procedures
8. D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi secara lisan dalam Bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar / Speak English at a basic operational level
9. D2.TCC.CL1.13 Menggunakan alat bantu bisnis dan teknologi / Use common business tools and technology
10. D2.TCC.CL1.14 Melakukan tugas perlindungan anak yang relevan dengan industri pariwisata / Perform child protection duties relevant to the tourism industry
11. D2.TCC.CL1.15 Melakukan prosedur dasar pertolongan pertama / Perform basic First Aid Procedures
FUNCTIONAL COMPETENCIES
1. D2.TTA.CL2.17 Menerima dan memproses system penempahan (reservation System)
2. D2.TTA.CL2.16 Menyiapkan penawaran harga
3. D2.TCS.CL5.18 Mengelola layanan pelanggan berkualitas
4. D2.TCC.CL1.06 Menangani dan menyelesaikan situasi konflik
5. D2.TTA.CL2.06 Menghitung dan menyiapkan tiket penerbangan domestic
6. D2.TTA.CL2.08 Menghitung dan menyiapkan tiket regular internasional
7. D2.TTA.CL2.13 Mengoperasikan system penempahan dengan menggunakan komputer (computer reservation system)
8. D2.TTA.CL2.04 Mencatat dan mengkoordinasikan jasa pemasok
 2) SKEMA SERTIFIKASI SERTIFIKAT II BIDANG AGEN PERJALANAN (OPERASIONAL TUR) GABUNGAN DENGAN SERTIFIKAT I
CORE AND GENERIC COMPETENCIES
NO KODE UNIT JUDUL UNIT
1. D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama secara efektif dengan kolega dan pelanggan / Work effectively with customers and colleagues
2. D2.TCC.CL1.02 Bekerja dalam lingkungan sosial yang berbeda / Work in a socially diverse environment
3. D2.TCC.CL1.04 Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan ditempat kerja / Follow safety and security procedures
4. D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi secara efektif melalui telepon / Communicate effectively on the telephone
5. D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan tentang industri pariwisata / Develop and update tourism industry knowledge
6. D2.TCC.CL1.08 Mempromosikan produk dan jasa kepada pelanggan / Promote products and services to customers
7. D2.TCC.CL1.09 Melakukan prosedur administrasi / Perform clerical procedures
8. D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi secara lisan dalam Bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar / Speak English at a basic operational level
9. D2.TCC.CL1.13 Menggunakan alat bantu bisnis dan teknologi / Use common business tools and technology
10. D2.TCC.CL1.14 Melakukan tugas perlindungan anak yang relevan dengan industri pariwisata / Perform child protection duties relevant to the tourism industry
11. D2.TCC.CL1.15 Melakukan prosedur dasar pertolongan pertama / Perform basic First Aid Procedures
FUNCTIONAL COMPETENCIES
1. D2.TCS.CL5.20 Membuat presentasi
2. D2.TCS.CL5.18 Mengelola layanan pelanggan berkualitas
3. D2.TTA.CL2.08 Menghitung dan menyiapkan tiket regular internasional
4. D2.TTA.CL2.06 Menghitung dan menyiapkan tiket penerbangan domestic
5. D2.TTA.CL2.13 Mengoperasikan ssitem penempahan dengan menggunakan compute
6. D2.TTA.CL2.07 Menghitung dan menyiapkan tiket promosi penerbangan internasional
7. D2.TTA.CL2.04 Mencatat dan mengkoordinasikan jasa pemasok
8. D2.TTA.CL2.16 Menyiapkan penawaran harga
9. D2.TCS.CL5.07 Mengkoordinasikan pembuatan brosur dan bahan pemasaran
10. D2.TCC.CL1.06 Menangani dan menyelesaikan situasi konflik

©2017 All rights reserved

Sekolah  :  SMK Negeri 3 Jember
Alamat  :  Jl. dr. Subandi No. 31 Jember
Telp/Fax  :  0331-488069
Email  :  smk3_jember@yahoo.co.id
Website  :  www.smk3jember.sch.id