Nuansa Perang Kemerdekaan di Sekolah

FTA-NUANBSA PERANG KEMERDEKAAN DI SMKN 3 (2)

FTA-NUANBSA PERANG KEMERDEKAAN DI SMKN 3

JEMBER – Banyak cara dilakukan untuk menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 71 tahun 2016. Tak hanya menggelar berbagai acara lomba. Namun, juga menciptakan suasana mirip dengan perang kemerdekaan.

Inilah yang terlihat di SMKN 3 Jember sekarang. Sekolah kejuruan  yang berlokasi di Jalan Nusa Indah Lingkungan Kreyongan, Kelurahan Jember Lor Kecamatan Patrang itu disulap laiknya suasana zaman perang.

Dari jalan depan sekolah, ruangan kelas tak terlihat lagi.  Karena seluruh pagar tembok sekolah ditinggikan dengan ’dinding darurat’ berupa dinding non permanen dari sesek bambu.

Bahkan pintu gerbang sekolah juga full sesek bambu, yang didisain seperti hotel Yamato, sebuah gedung yang erat kaitannya dengan nilai perjuangan. Di atas pintu gerbang juga ada sebuah patung yang menggambarkan bagaimana para pejuang merebut kemerdekaan.

Kemudian di pinggir jalan juga dipasang puluhan patung pejuang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Patung itu menggunakan atribut bendera merah putih yang diikatkan di kepala dan di leher.

Pemandangan menarik inilah, yang banyak menyedot perhatian khususnya para pengguna jalan yang kebetulan melintas di depan SMKN 3 Jember.

”Bahkan saat siswa datang atau saat pulang sekolah, banyak yang memanfaatkan patung pejuang itu untuk foto selfie. Sengaja ada satu bendera yang ditancapkan di tanah supaya bisa berfoto-foto,” ujar Suprihartono, Kepala Sekolah SMKN 3 Jember, kemarin.

Kasek ini mengatakan, ide untuk memasang puluhan patung pejuang ini biar anak-anak sekolah tahu, bagaimana menghargai pahlawan dengan merasakan suasana perjuangan.

”Puluhan patung ini memang menggambarkan para pejuang kemerdekaan ini. Dan efeknya pasti beda walau hanya dengan cerita,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *