SMKN 3 Jember Latih Binaan Bapas

DSC_6158

JEMBER – Sedikitnya, sepuluh klien binaan Badan Pemasyarakatan (BAPAS) Kabupaten Jember mengikuti pelatihan membuat kue kering. Mereka tampak antusias mengikuti arahan instruktur dari siswa SMKN 3 Jember. Setelah itu, merka langsung mencoba sendiri praktek membuat kue.

Kegiatan pelatihan itu merupakan bagian dari program bimbingan kemandirian yang diadakan oleh Bapas Jember bekerja sama dengan SMKN 3 Jember. Setelah penandatangan MoU, para klien langsung diajak untuk mengeluarkan kreativitas dengan berbagai teknik tata boga yang telah disiapkan.

Kepala Bapas Jember Yunengsih menuturkan, semua peserta pelatihan itu adalah klien Bapas Jember yang telah mendapatkan pembebasan bersyarat dan berada di bawah bimbingan Bapas Jember. “”Harapannya mereka lebih mandiri dan mencukupi kebutuhan keluarganya, sehingga tidak mengulangi pelanggaran hukum yang pernah dilakukan,” katanya.

Yenengsih menambahkan klien Bapas Jember adalah mereka yang memiliki permasalahan ekonomi sehingga terpaksa melakukan perbuatan melanggar hukum. Untuk itu, pelatihan ketarampilan itu diharapkan meningkatkan derajat ekonomi klien dan bisa dan memingkinkan mereka berbaur dengan masyarakat.

Sementara itu Kepala SMKN 3 Jember Suprihartono mengapresiasi upaya Bapas Jember dalam melakukan pembinaan kepada kliennya. “Tanggung jawab Bapas adalah membimbing, melatih, dan membina kliennya,” katanya.

Diakuinya, pelatihan ini memiliki tujuan panjang yang bisa dicapai. Yaitu klien Bapas bisa menjalankan usaha yang prospek. Nantinya, para peserta akan memperoleh seperangkat perlengkapan memasak kue seperti oven, mixer, dan perlengkapan lainnya sebaga bekal membuka usaha mandiri. “Jadi tidak hanya mengikuti pelatihan membuat kue tetapi juga memasarkannya,” paparnya.

Sebagai sekolah model yang menjadi pusat pelatihan dan pendidikan masyarakat, SMKN 3 juga mempunyai fungsi tidak hanya melatih dan mendidik siswa tetapi juga memberdayakan masyarakat. “SMKN 3 siap memberikan informasi dan pelatihan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *