Praktek dengan Menghias Ibu Sendiri

Siswa SMKN 3 Jember menjadikan orang tuanya sebagai model dalam praktek menghias rambut

Siswa jurusan kecantikan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Jember memiliki cara menarik dalam melakukan praktek menata rambut. Mereka menjadikan orang tua mereka sendiri sebagai model. Tujuannya, untuk meningkatkan keterampilan.

Suprihartono, kepala SMKN 3 Jember mengatakan praktek merias rambut itu dilakukan para siswa kelas XII jurusan kecantikan. Ketika praktek yang sesungguhnya, mereka diwajibkan membawa model sendiri. “Kadang yang dibawa dan dirias adalah orang tuanya,” ucapnya.

Menurut dia, praktek itu dilakukan untuk terus menggali kemampuan pelajar di bidang kecantikan. Ketika masih kelas X, mereka melakukan praktek menggunakan alat peraga. “Sedangkan di kelas selanjutnya, langsung praktek menghias rambut orang,” ujarnya.

Dia menerangkan selama seminggu, mereka melakukan praktek sebanyak tiga kali, namun pada alat peraga. Sedangkan praktek menghias model sebanyak sekali dalam tiga minggu. Melalui praktek itu, mereka diharapkan keterampilannya unggul.

Sebab, tantangan sekarang bukan hanya persaingan kerja yang kuat. Tetapi ketarampilan yang profesional juga dibutuhkan. Untuk itu, para SMK harus memiliki out put yang profesional. Sehingga, ketika memasuki dunia kerja, mereka sudah siap.

Selama ini, para alumni SMKN 3 Jember diterima bekerja di berbagai tempat. Karena sekolah itu sudah menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan di Jawa Timur. Bahkan ada yang membuka usaha sendiri.

Tak hanya praktek menghias rambut, tetapi kecantikan lainnya. Seperti kulit, wajah, body massage, body painting dan lainnya. “ Semua itu dilakukan dengan praktek yang rutin,” tambahnya

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *