Ayo belajar Desain Fashion di SMKN 3 Jember

17e4eecf03c2693b8ecc41fece5c17d7Para pelajar yang memiliki keahlian di bidang desain fashion tak perlu lagi kebingungan untuk mengembangkan bakatnya. Sebab, SMKN 3 Jember sudah membuka program keahlian selama empat tahun, setara D1. Bahkan, program tersebut merupakan satu-satunya di Jawa Timur.

Suprihartono, kepala SMKN 3 Jember mengatakan, melalui program keahlian itu, fokus pengembangan mulai dari teknologi fashion maupun digital. “Kami ingin mencetak desainer yang handal dari Jember,” katanya pada Jawa Pos Radar Jember.

Menurut dia, kemajuan fashion di Indonesia sangat cepat, sedangkan jumlah desainernya terbatas. Di bidang mode, Indonesia masih tertinggal dengan negara lainnya. Selain itu, banyak desainer yang belajar secara otodidak.

Biaya studi bidang desain fashion di perguruan tinggi pun cukup mahal. Untuk itulah, SMKN 3 Jember menjadi pioner bagi calon peserta didik yang ingin memperdalam ilmu desain. “Selama ini lulusan SMP cukup banyak yang ingin belajar desain, namun wadahnya terbatas,” tambahnya.

Padahal, kata dia, peluang kerja di bidang tersebut juga cukup luas. Sehingga, ketika lulus, mereka bisa langsung bekerja di sejumlah perusahaan. “Jadi dia tiga tahun sekolah, satu tahun magang di perusahaan dan dalam bimbingan sekolah,” terangnya.

SMKN 3 Jember bisa membuka program keahlian desain fashion karena dinilai memiliki sarana dan SDM yang lengkap. Direktur Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan datang ke Jember untuk melihat langsung sekolah. “Pengajuan juga melalui Dispendik Provinsi Jatim,” akunya.

Dia menilai proses belajar selama empat tahun merupakan waktu yang cukup. Sebab, selain belajar, juga praktek magang di perusahaan. “Sehingga Jember bisa memiliki desainer yang handal yang bisa mengharumkan daerahnya,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *